EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SDN KAMPUNG JAWA

ARINI DWI LESTARI , 1413024011 (2018) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SDN KAMPUNG JAWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (0b)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa serta tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas IV di SDN Kampung Jawa dengan teknik sampling jenuh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest postest. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretes postes, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal . Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal ditentukan dari nilai pretes postes penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan nilai rata-rata Gain 0,75 dan berkategori tinggi sedangkan hasil aktivitas belajar siswa yang diperoleh ratarata sebesar 70 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk hasil angket tanggapansiswa diperoleh nilai untuk aspek tampilan sebesar 85%, pada aspek penyajian materi 94% dan untuk aspek manfaat sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas siswa selama pembelajaran serta mendeskripsikan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal. Kata kunci: aktivitas, kearifan lokal, peduli terhadap makhluk hidup, penguasaan konsep Arini Dwi Lestari

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 188445001 . Digilib
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:48
Last Modified: 22 Mar 2022 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/47238

Actions (login required)

View Item View Item