PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BOLA BERWARNA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR INTEGER DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU PRINGSEWU

Irawan, Bambang (2011) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BOLA BERWARNA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR INTEGER DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU PRINGSEWU. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Cover.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Abstract.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Abstrak.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Kata Pengantar.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Daftar Isi.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Bab I.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Bab II.pdf

Download (509Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Bab III.pdf

Download (356Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Bab IV.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Bab IV.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bambang Irawan_Daftar Pustka.pdf

Download (116Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media bola berwarna terhadap peningkatan prestasi belajar integer. (2) aktivitas belajar siswa sebelum dan pada saat pembeljaran integer matematika berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Design One Group Pretest – Posttest. Populasi dari peneitian ini adalah siswa kelas VII SLB Negeri Pringsewu. Penelitian menggunakan dua variabel. variabel bebas berupa bola berwarna, variabel terikat berupa prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Proses pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan media bola berwarna berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Data menunjukkan rata-rata prestasi belajar sebelum menggunakan media bola berwarna adalah 56 sedangkan setelah menggunakan media bola berwarna rata-rata prestasi belajar siswa menjadi 86, (2) penggunaan media bola berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Data menunjukkan rata-rata aktivitas belajar sebelum menggunakan media bola berwarna adalah 65% sedangkan setelah menggunakan media bola berwarna rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 98% This research aims to know ( 1 ) the influence of colored ball towards the improvement of learning achievement of integers at mathematics lesson. ( 2 ) the students’ activities before and at the time of the learning process of integers. This is an experimental research. The research methodology uses Design One Group Pretest-Posttest. The population of the research is the seventh grade students of the State SLB Pringsewu. It has two variables. The independent variable is colored ball. The dependent variable are students’ achievement and students’ activities. The data used in this research are test and observation. The technique analysis is descriptive quantitative. The conclusion of this research are: ( 1 ) the using of colored ball has influenced towards the learning achievement of integers. The data shows that before the treatment the students’ achievement was 56 but after the treatment using colored ball the students’ achievement was 86. ( 2 ) the using of colored ball has influenced towards the improvement of the students’ activities. The data shows that students’ activities before using colored ball was 65% but after the treatment using colored ball the students’ activities improved became 98%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:15
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir