Kursiyati, Umi (2011) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA, SIKAP DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Universitas Lampung.
|
File PDF
Umi Kursyati_Halaman sampul.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Abstrak.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Daftar Isi.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Kata Pengantar.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Bab I.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Bab II.pdf Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Bab III.pdf Download (314Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Bab IV.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Bab V.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Umi Kursyati_Daftar Pustaka.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua, sikap siswa terhadap pelajaran matematika dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, yang terdiri dari 8 rombongan belajar dengan jumlah siswa 256 orang. Sampel penelitian 64 orang siswa yang tersebar ke dalam 2 kelas dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner degan skala Likert, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif, erat dan signi- fikan antara: (1) perhatian orangtua dengan prestasi belajar matematika sebesar 66,9%, (2) sikap siswa terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika sebesar 60,2 %, (3) aktivitas belajar siswa dengan prestasi belajar matematika sebesar 70,9%, (4) perhatian orangtua, sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dan aktivitas belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika, di mana kontribusinya sebesar 90,2%. Kata Kunci: perhatian orangtua, sikap siswa, aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika This study aims to determine the relationship between parents' attention, students' attitudes toward math and learning activities with students' mathematics learning achievements class VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo either individually or jointly. The population in these studies was a class VIII student junior high school first Gadingrejo Pringsewu District, which consists of 8 study groups by the number of students 256 people. Research students sampled 64 people scattered into the two classes and were selected by random cluster sampling technique. This study is an ex post facto research is research that aims to investigate the events that have occurred and then trace backwards to determine the factors that cause the occurrence of the event. Retrieval of data in this study using a Likert scale questionnaire degan, observation and tests. Data analysis techniques using the formula Product Moment correlation and multiple correlation. The results showed there is a positive, strong and significant relationship between: (1) the attention of parents with learning mathematics achievement of 66.9%, (2) students' attitudes toward learning mathematics with mathematics learning achievement of 60.2%, (3) activity learning students with learning mathematics achievement of 70.9%, (4) the attention of parents, students' attitudes toward mathematics and student learning activities together with the achievements of learning mathematics, where the contribution of 90.2%. Keywords: parental attention, students' attitudes, learning activities and learning achievement mathematics
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | S.I.Kom. Endah Kurniasari |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/480 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |