Herlina Apriyanti, 1013033078 (2014) PENG ARUH PENGGUNAAN MODEL P EMBELAJARAN VISUAL AUDITORI K INESTETIK (VAK) TER HADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SIS WA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PR INGSEWU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (363Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (465Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Salah satu ukuran keberhasilan pencapaian pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Dan oleh sebab itu guru harus menerapkan suatu model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa di SMP N 02 Pringsewu. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Visual Auditori Kinestetik (VAK). VAK adalah model pembelajaran yang difokuskan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu?” 2. Sejauh mana taraf signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu ?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 291 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Random Sampling (sampling pertimbangan) ialah teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pertimbangan sampelnya untuk tujuan tertentu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design dengan data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui Pretest pada awal pembelajaran dan posttest pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Visual Auditori Kinestetik (VAK) sebagai berikut: 1. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen pada saat pretest 61, dan nilai rata-rata pada kelas posttest 67,43. Hal ini berarti nilai rata-rata pada saat posttest lebih tinggi dibadingkan dengan rata-rata pada saat pretest. Dilihat dari pencapaian tahapan kognitif yang berhasil dicapai pada penerapan pembelajaran Visual Auditori Kinestetik rata-rata pencapaian kognitifnya sebesar 67,72%. 2. Setelah dilakukan analisis data pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan dengan menggunakan uji signifikansi , yaitu dengan uji parametrikT, Dari uji kesamaan dua rata-rata yang telah dilakukan diperoleh nilai dari hasil perhitunganya itu nilai thitung= 9.3017 >ttabel= 2.042 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik memberikan pengaruh terhadap rata-rata hasil pretest dan hasil posttest pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajan Visual Auditori Kinestetik. 3. Berdasarkan perhitungan uji analisis data statistik dengan menggunakan rumus korelasi dari hasil perhitungan yaitu r = 0.861742 dan kadar determinasi sebesar 14,227% H0 ditolak dan H1 diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa Taraf signifikansi sebesar 0.861 dilihat dari tabel taraf signifikansi termasuk kategori sangat kuat dengan kadar determinasi atau seberapa besar pengaruhnya adalah sebesar 14,227% Dengan kata lain, taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik sangat kuat terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 762400 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Oct 2014 07:12 |
Terakhir diubah: | 28 Oct 2014 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4804 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |