Pardiyanto, ELYZABET TRI SULISTYOWATI (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, u.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (641Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (10Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Rendahnya aktivitas siswa disebabkan sistem pembelajaran yang digunakan guru berupa one trafict way serta penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi. Sedangkan rendahnya hasil belajar siswa disebabkan siswa cenderung diam jika diberikan kesempatan untuk bertanya, sehingga guru tidak tahu sejauh mana tingkat pemahaman siswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Selatan tahun pelajaran 2012/2013 yaitu dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Alur PTK terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Dari hasil penelitian diperoleh data rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,77%), siklus II (69,46%), dan siklus III (77,92%). Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,69%, dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 8,46%. Adapun hasil belajar diperoleh data nilai rata-rata kelas pada siklus I (68,46), siklus II (73,08), dan siklus III (81,15). Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 4,62, dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 8,07. Selain itu dari segi ketuntasan belajar pada siklus I (53,85%), siklus II (65,38%), dan siklus III (80,77%). Kata kunci: Model cooperative learning tipe make a match, PKn, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |