MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI A SDN 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sumitro, FATHONAH (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI A SDN 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (310Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (280Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3818Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VI A SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 melalui diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru, serta soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 43,33% dan pada siklus II 89,50%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II meningkat menjadi 85 Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 57% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 89% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kelas VI A SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Diskusi kelompok, aktivitas, dan hasil

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir