Dwi Lita Astuti, 1223031009 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENJALANKAN USAHA KECIL KERAJINAN TANGAN DI SMK. Masters thesis, Magister Pendidikan IPS.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (3481b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (3968b) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR IS1.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (304Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan buku ajar kewirausahaan untuk siswa SMK kelas XII yang menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui efektifitas buku ajar dalam meningkatkan hasil belajar. Desain dan prosedur pengembangan mengikuti langkah-langkah pengembangan Dick and Carey. Untuk mengetahui efektifitas produk dilakukan dengan Uji Eksperimen Model Pretest-Postest (Control Group Design). Hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan: (1) desain dan sintak buku ajar kewirausahaan yaitu menggunakan 9 langkah model pengembangan Dick and Carey sebagai berikut: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, mengidentifikasi analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik siswa, tujuan kerja, mengembangkan butir soal, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan ajar, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, merevisi pembelajaran, (2) implementasi menjalankan usaha kecil kerajinan tangan, yaitu menggunakan penilaian portofolio dengan hasil penilaian lima kelompok: sangat baik, sangat baik, cukup, baik dan sangat baik, (3) pengujian efektifitas bahan ajar kewirausaha, yaitu hasil penilaian ahli materi, ahli desain, siswa dan guru kewirausahaan terhadap rancangan buku ajar kewirausahaan hasil pengembangan sangat sistematis, cukup konsisten, cukup menarik, sangat sesuai, dan sangat tepat, untuk meningkatkan hasil belajar, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan buku ajar hasil pengembangan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang belajar dengan tidak menggunakan produk hasil pengembangan. Ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen > 65%, sedangkan kelas kontrol ketuntasan belajar klasikal < 65%. Kata Kunci : buku ajar, kewirausahaan, pengembangan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 8827593 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 02:26 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2014 02:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4946 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |