Rostam Pesawik , HJ. SRI AMNAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GULAK GALIK TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (236Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (276Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (186Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (190Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (586Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian diawali dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 16 siswa (47%) dari jumlah keseluruhan 34 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data dianalisis menggunakan teknik presentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 34,33% dan pada siklus II 85,83%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 47% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Gulak Galik Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:21 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |