MEI ISNAWATI, 1113109026 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN PULAU PAHAWANG KECAMATAN PUNDUH PEDADA KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (887Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (913Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (611Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (282Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SD Negeri Pulau Pahawang Kecamatan Pundu Pedada Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan data dimana pada siklus I pertemuan ke-1 rata-rata aktivitas belajar siswa 53% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 63%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 aktivitas siswa meningkat menjadi 75% dan pertemuan ke-2 aktivitas siswa 90%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, sebesar 67,50 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,47. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Kooperatif Picture and picture, Aktivitas, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 03:20 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2014 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4975 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |