PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VA SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jasmi, HAJI WIRAHANA (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VA SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2506Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 2 Metro Selatan, diketahui ketuntasan hasil belajar baru mencapai 22% selebihnya 78% siswa belum tuntas dengan KKM 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model cooperative learning type talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunan model cooperative learning type talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 65,28% (cukup aktif) meningkat pada siklus II menjadi 85,41% (sangat aktif), dengan peningkatan sebesar (20,13%). Sementara itu nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I yaitu 68,21 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 87,5 (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53,06 kemudian meningkat menjadi 85,28 pada akhir siklus II. Kata Kunci: Cooperative learning type talking stick, aktivitas belajar dan hasil belajar, PKn.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Last Modified: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item