PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI SISWA PADA MATERI POKOK DAUR AIR

Ira Rosita, 0913024046 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI SISWA PADA MATERI POKOK DAUR AIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (322Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas V SD Negeri 1 Olok Gading, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa terhadap penggunaan media gambar yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar meningkatan aktivitas belajar pada semua aspek yang diamati dengan rata-rata peningkatan berkriteria tinggi (76,30 ± 3,65). Pada aspek mengemukakan pendapat (81,48%); bekerjasama (77,78%); mempersentasikan hasil diskusi (72,22%); mengajukan pertanyaan (74,07); dan menjawab pertanyaan (75,93). Penguasaan materi mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain (57,81). Besarnya peningkatan penguasaan materi pada tiap indikator yaitu C1 (59,65 ± 32,25) dan C2 (56,09 ± 32,91), dengan rata-rata peningkatan (57,87). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media gambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: media gambar, aktivitas belajar, penguasaan materi oleh siswa,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1553331 . Digilib
Date Deposited: 30 Oct 2014 07:44
Terakhir diubah: 30 Oct 2014 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir