MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) KELAS IV SD N I DURIAN PAYUNG TANJUNGKARANGPUSAT KOTABANDARLAMPUNG TAHUN 2013

Ishak AR, ISMANIAR ISHAK (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) KELAS IV SD N I DURIAN PAYUNG TANJUNGKARANGPUSAT KOTABANDARLAMPUNG TAHUN 2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2909Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Durian Payung Tanjungkarang Pusat Bandar Lampung pada mata pelajaran IPS . Hasil belajar semester ganjil tahun pembelajaran 2012-2013 ternyata dari 23 siswa kelas IV SD tersebut hanya 65,22 % saja yang mendapat nilai diatas KKM 60. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi (pengamatan) dan Refleksi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dan disimpulkan bahwa dengan, menerapkan model strategi questions student have terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, peningkatan aktivitas siswa sebesar 11,65 % yaitu dari rata - rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74 % (katagori baik) menjadi 85,65 % (katagori sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan sebesar 3,83 % yaitu dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 67,43 % (katagori cukup) menjadi 71,26 % (katagori baik) pada Siklus II. Sedangkan dalam ketuntasan belajar terjadi peningkatan hasil KKM dengan kenaikan sebesar 13,04 %, yaitu dari rata-rata ketuntasan pada Siklus I sebesar 78,26 % (18 Siswa) dengan menjadi sebesar 91,3 % (21 Siswa) pada Siklus II. Disarankan pada guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial hendaknya dapat menerapkan model questions student have dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci : model questions student have, aktivitas, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Last Modified: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item