RESPON SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING DI SEKOLAH ISLAM TERPADU

Susmi, Rahayu (2014) RESPON SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING DI SEKOLAH ISLAM TERPADU. universitas lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (286Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (101Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB VI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respon siswa terhadap proses pembelajaran Learning by Doing di SMP Islam Terpadu Fitrah Insani Bandar Lampung yang memfokuskan penelitian tentang pembelajaran yang disertai dengan salah satu metode permainan dalam Learning by Doing yaitu bola melingkar. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran Learning by Doing bola melingkar yang dilaksanakan di kelasnya. Learning by Doing menjadikan siswa lebih aktif dan lebih cepat menghapal materi yang disampaikan guru mereka. Konsep pembelajaran bola melingkar dilaksanakan di akhir jam pelajaran dan menjadi penutup dari pelaksanaan proses pembelajaran. Alasan diterapkannya permainan bola melingkar tersebut untuk memfasilitasi siswa menjadi lebih aktif dan untuk mengatasi kebosanan siswa terkait materi yang disampaikan. Hambatan dalam pelaksanaan Learning by Doing bola melingkar yaitu kurangnya guru secara kualitas yang mampu untuk menerapkan model pembelajaran Learning by Doing tersebut, serta terkendalanya waktu dalam pelaksanaan Learning by Doing yang membutuhkan waktu relatif panjang untuk menjelaskan materi dan praktik permainan kepada siswa. This research explains the students’ response toward Learning by Doing process in Integrated Islamic School Fitrah Insani. This research focuses on learning process which applies circular ball method. This method is one of game methods of Learning by Doing. This research is a qualitative type. This type of research utilizes observation and depth interviews as data research method. Researcher analyzes the data by means of data reduction, data presentation, and then draws the conclusion. This study showed that student responded positively to the circular ball method. Learning by Doing stimulates student for being more active still they memorize the lesson more rapidly. Circular ball is held in the final session of the lesson. It puts an end to all sessions of the learning process. Circular ball facilitates student become more active. Moreover this method conquers student’s boredom related to the lesson. The obstacle of this process implementation is the lack of teachers’ quality. Furthermore this learning model requires a relatively long time to explain the material and practice of the game to the students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 5870038 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:40
Terakhir diubah: 09 Sep 2015 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir