JUDUL INDONESIA: MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

GALUH AYUNINGTYAS DWI UNTARI, 1013023041 (2014) JUDUL INDONESIA: MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif. Model problem solving terdiri dari langkah yaitu (a) ada masalah yang diberikan, (b) mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, (c) menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut, (d) menguji kebenaran jawaban sementara tersebut, dan (e) menarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 256 siswa dan sampel dalam peneliti-an ini adalah kelas X2 dan X5 semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan perbedaan nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai n-Gain kemampuan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,4539 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,6283. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: kemampuan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model problem solving

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 03 Nov 2014 04:18
Last Modified: 03 Nov 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item