FAHMI TAMIMI, 1013053109 (2014) JUDUL INDONESIA: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SULAIMAN SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (387Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (356Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (717Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat pada pembelajaran tematik melalui penggunaan model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari;(1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik di kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat dapat meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa. Persentase sikap percaya diri siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (52,85%) dan pada siklus II (75,02%), terjadi peningkatan sikap percaya diri siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar (22,86%). Sementara itu persentase nilai keterampilan berfikir kritis siswa secara klasikal pada siklus I yaitu (60%) dan pada siklus II (80%), terjadi peningkatan nilai keterampilan berfikir kritis siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar (20%). Kata kunci: sikap percaya diri, keterampilan berfikir kritis, model problem based learning (PBL).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 03 Nov 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 03 Nov 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5127 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |