PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU SISWA KELAS I A SD XAVERIUS I TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Petrus Mardiwiyono, Maria Yasinta Sartini (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU SISWA KELAS I A SD XAVERIUS I TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
02. ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (260Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung Kelas I A. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung kelas I A melalui metode permainan kartu. Rencana penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklusnya terdiri atas: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan metode permainan kartu menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus II. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 16,67% dari 70% menjadi 86,67% , (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar 7,98% dari 73,77% menjadi 81,75%. (3) hasil pembelajaran tematik menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 13,33 % dari 73,33% menjadi 86,67%. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, metode permainan kartu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 17 Jan 2014 05:08
Terakhir diubah: 17 Jan 2014 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir