PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU SISWA KELAS I A SD XAVERIUS I TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Petrus Mardiwiyono, Maria Yasinta Sartini (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU SISWA KELAS I A SD XAVERIUS I TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (5Mb)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung Kelas I A. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik dengan tema lingkungan di SD Xaverius I Bandar Lampung kelas I A melalui metode permainan kartu. Rencana penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklusnya terdiri atas: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan metode permainan kartu menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus II. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 16,67% dari 70% menjadi 86,67% , (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar 7,98% dari 73,77% menjadi 81,75%. (3) hasil pembelajaran tematik menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 13,33 % dari 73,33% menjadi 86,67%. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, metode permainan kartu

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 17 Jan 2014 05:08
Last Modified: 17 Jan 2014 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item