Susi Novianti, 0713052048 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PENYESUAIAN DIRI SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SMP PENYIMBANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (776Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (753Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (443Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4080b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (435Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PENYESUAIAN DIRI SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SMP PENYIMBANG BANDARLAMPUNG TAHUN 2013/2014) Oleh SUSI NOVIANTI Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “apakah faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri siswa penyandang tunagrahita? Dan seperti apakah keterbatasan siswa penyandang tunagrahita?” Tujuan penelitian ini untuk menguraikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri dan memperoleh gambaran keterbatasan siswa penyandang tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa penyandang tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil analisis data dari studi kasus menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri siswa penyandang tunagrahita yaitu: tingkat kesegaran fisik yang rendah, lingkungan sekolah dan rumah yang kurang mendukung, proses belajar yang terus berlangsung dan nilai moral dan aturan yang dijalankan. Keterbatasan yang dimiliki WH yaitu keterbatasan dalam berhitung, menulis, dan membaca yang fungsional untuk kehidupan sehari-hari, WH tidak memiliki teman dekat cenderung sendirian, kesepian dan tersisih, WH memerlukan arahan dan bimbingan khusus seperti; menyiapkan makan dan pakaian, menimba air dan berbelanja ke warung dan kemampuan bahasa dan kepercayaan diri WH rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kondisi fisik, kepribadian, lingkungan, pendidikan dan agama serta budaya mempengaruhi proses penyesuaian diri WH. Keterbatasan yang dimiliki WH sebagai penyandang tunagrahita yaitu; Intelegensi, sosial dan penggunaan bahasa. Saran yang diajukan peneliti yaitu: (1) Peneliti lain yang ingin melanjutkan penelitian dengan model studi kasus dengan fokus masalah belajar atau kemandirian siswa penyandang tunagrahita, (2) Pihak sekolah sebaiknya memberi rekomendasi sekolah yang memberi pelayanan khusus untuk WH, dan (3) Orang tua sebaiknya menempatkan WH di sekolah luar biasa, inklusi atau rumah terapi. Kata kunci: bimbingan konseling, penyesuaian diri, tunagrahita
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 5982334 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Nov 2014 08:34 |
Terakhir diubah: | 06 Nov 2014 08:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5171 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |