DELLA GIAVANNI, 1015011041 (2014) ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS DI PASAR TUGU BANDAR LAMPUNG TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI JALAN HAYAM WURUK BANDAR LAMPUNG. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRCT.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (439Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (434Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (285Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (365Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (506Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
abstrak indonesia Tingginya aktivitas Pasar Tugu dapat menimbulkan konflik dan berpengaruh terhadap pergerakan arus lalu lintas dan menurunkan fungsi kinerja jalan. Aktivitas pasar yang dapat menurunkan fungsi kinerja jalan antara lain kendaraan yang masuk dan keluar pasar, parkir di badan jalan, dan pejalan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh aktivitas Pasar Tugu terhadap kinerja jalan dan menentukan solusi untuk meningkatkan kinerja jalan. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh aktivitas pasar dan survei kecepatan sesaat baik kecepatan terganggu dan tak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada 250 meter di ruas jalan Pasar Tugu di Bandar Lampung. Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Perkotaan. Berdasarkan hasil perhitungan, volume kendaraan tertinggi yaitu sebesar 867 smp/jam, kapasitas 1386,63 smp/jam, dengan derajat kejenuhan 0,63 (B), dan kecepatan kendaraan adalah 16 km/jam. Volume kendaraan pada ruas jalan Pasar Tugu masih kecil, hal ini menunjukkan bahwa kecepatan yang rendah ini diakibatkan oleh adanya hambatan samping. Untuk mengurangi tingkat hambatan samping, maka perlu dilakukan penyediaan fasilitas parkir, penataan pedagang kaki lima, pemasangan rambu lalu lintas dilarang berhenti di sepanjang ruas jalan pasar, dan penegasan peraturan pemerintah tentang penggunaan trotoar. Sehingga tingkat hambatan samping menjadi 259,10 smp/jam (L), kecepatan arus 49,10 km/jam dan kapasitas menjadi 1416,77 smp/jam. Kata kunci : hambatan samping, volume lalu lintas, jalan perkotaan abstrack b.inggris The high activity of the Tugu Market can cause conflicts and affect the movement of the traffic flow and reduce the function of road performance. Market activity that can reduce the function of road performance such as vehicles which are moving in and out the market, on-street parking, and pedestrian. The purpose of this research to evaluate the effect of activity in Tugu Market for road performance and determine design solutions to improve the road performance. This research are obtained by doing survey of traffic volume (LHR) to see the density of vehicles, then surveys the side friction to see the influence of market activity and instantenous velocity surveys both distrubed and undistrubed side friction. This research doing in 250 meters in a market segment of Tugu in Bandar Lampung. Next calculation use the Manual Capasity of Indonesian Road in 1997 for the Urban Roads. Based on calculation, the highest traffic volume is 867 pcu/hours, capacity 1386,63 pcu/hours, with a degree of saturation of 0,63 (B), and the speed of vehicle is 16 km/hour. The volume of vehicles on the roads in Tugu Market is low, it is indicating that the low speeds caused by the presence of side friction. To reduce the level of side friction, it is necessary to providing parking facilities, arrangement of street vendors, installation of ban stop sign along the road of market, and the assertion of goverment regulations on the use of the pedestrian way. So, level of side friction become 259,10 pcu/hours (L), flow velocity 49,10 km/hours, and capacity become 1416,77 pcu/hours. Keywords : side friction, traffic volume, national road
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 12 Nov 2014 08:15 |
Terakhir diubah: | 12 Nov 2014 08:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5284 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |