ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN AJARAN 2016/2017

Desi Lestari Ningsih, 1413024022 (2018) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (549Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristiksoal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Subjek pada penelitian ini yaitu UN biologi Sekolah menengah atas tahun 2016/2017. Instrument penelitian menggunakan lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua (92,5%) soal UN bertipe HOTS. Karakteristik pada butir soal UN hampir semua (97,3%) butir soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Stimulus yang digunakan pada soal setengahnya adalah gambar, sedangkan sebagian kecil adalah diagram, tabel, contoh dan kurang dari setengah adalah penggalan kasus. Karakteristik soal berpikir kritis sebesar (85%), kurang dari setengahnya adalah indikator memfokuskan pada pertanyaan. Karakteristik soal pemecahan masalah hanya sebesar 22,5% yang sebagian kecilnya adalah indikator mengidentifikasi masalah sebesar, mengidentifikasi masalah yang tidak sesuai dan memecahkan masalah berdasarkan data dan masalah. Kata kunci: berpikir kritis, HOTS, jenis stimulus, pemecahan masalah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 188886790 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2018 06:56
Last Modified: 13 Dec 2018 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54698

Actions (login required)

View Item View Item