RENITA PRAHASTIANI, 1013024017 (2014) Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Protista Mirip Tumbuhan (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 5 Metro Kota Metro Tahun Pelajaran 2014/2015). FISIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (893Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (837Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (432Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (828Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (7Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam sebuah program. Dalam usaha pencapaian prestasi belajar tersebut, salah satu faktornya adalah media pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 5 Metro, belum digunakan media pembelajaran, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang Renita Prahastiani dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen berkriteria sedang (52,48±16,66). Terjadi peningkatan pada setiap indikator kognitif, yaitu indikator kognitif tingkat C1 97,26% (tinggi), indikator kognitif tingkat C2 86,43% (tinggi), indikator kognitif tingkat C3 69,92% (sedang), indikator kognitif tingkat C4 39,12% (sedang), indikator kognitif tingkat C5 44,04% (sedang), indikator kognitif tingkat C1 68,13% (sedang). Penggunaan media realia juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa dengan rata – rata N-gain berkriteria cukup (65,00±17,44). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub materi protista mirip tumbuhan. Semua siswa (100%) setuju memperoleh wawasan/pengetahuan baru tentang sub materi protista mirip tumbuhan dengan menggunakan media realia. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa (87,67%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media realia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1000199 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 02:37 |
Terakhir diubah: | 01 Dec 2014 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5497 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |