Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Protista Mirip Tumbuhan (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 5 Metro Kota Metro Tahun Pelajaran 2014/2015)

RENITA PRAHASTIANI, 1013024017 (2014) Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Protista Mirip Tumbuhan (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 5 Metro Kota Metro Tahun Pelajaran 2014/2015). FISIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (268Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (893Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (837Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (432Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (828Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam sebuah program. Dalam usaha pencapaian prestasi belajar tersebut, salah satu faktornya adalah media pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 5 Metro, belum digunakan media pembelajaran, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang Renita Prahastiani dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen berkriteria sedang (52,48±16,66). Terjadi peningkatan pada setiap indikator kognitif, yaitu indikator kognitif tingkat C1 97,26% (tinggi), indikator kognitif tingkat C2 86,43% (tinggi), indikator kognitif tingkat C3 69,92% (sedang), indikator kognitif tingkat C4 39,12% (sedang), indikator kognitif tingkat C5 44,04% (sedang), indikator kognitif tingkat C1 68,13% (sedang). Penggunaan media realia juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa dengan rata – rata N-gain berkriteria cukup (65,00±17,44). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub materi protista mirip tumbuhan. Semua siswa (100%) setuju memperoleh wawasan/pengetahuan baru tentang sub materi protista mirip tumbuhan dengan menggunakan media realia. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa (87,67%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media realia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1000199 . Digilib
Date Deposited: 01 Dec 2014 02:37
Terakhir diubah: 01 Dec 2014 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir