PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI TERMODINAMIKA

MAGDALENA RICHA PASKAH INDRIANTI, 1213022037 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI TERMODINAMIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb)

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran dengan baik dan benar dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif sehinga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Pengembangan media dalam pembelajaran fisika sangat diperlukan, terutama untuk memahami konsep pada materi- materi yang bersifat abstrak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memenuhi kekurangan sumber belajar bagi guru dan siswa dalam memahami konsep termodinamika, telah dikembangkan media pembelajaran interaktif berupa media berbasis TIK. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengacu pada model pengembangan menurut Sugiyono. Model pengembangan ini meliputi : potensi dan masalah, pengumpulann data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif digunakan sebagai sumber belajar dilihat ari presentase ketuntasan belajar siswa yang lebih dari 75%, yaitu sebesar 91,30%. Tahap uji coba pemakaian, dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Sidomulyo sebagai pengguna menunjukkan hasil uji kemenarikan dengan perolehan skor sebesar 2,93 dengan kualitas menarik, kemudian untuk hasil uji kemudahan diperoleh skor sebesar 3,26 dengan kualitas sangat mudah digunakan, dan perolehan skor uji kemanfaatan sebesar 3,34 dengan kualitas sangat bermanfaat. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajran Interaktif, Adobe Flash, dan Termodinamika.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 188814580 . Digilib
Date Deposited: 11 Jan 2019 08:40
Last Modified: 11 Jan 2019 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55196

Actions (login required)

View Item View Item