PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Eko Meinanto Dedek Saputra, 0853022014 (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK dedek.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover Dalam.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Menyetujui.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Motto.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Persembahan.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Sanwacana.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Isi.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Tabel.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Gambar.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I dedek.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II dedek.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III dedek.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] Text
4. BAB IV dedek.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374Kb)
[img]
Preview
Text
5. BAB V dedek.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Guru mata pelajaran fisika sudah menggunakan pendekatan keterampilan proses pada materi yang menggunakan praktikum. Namun, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan keterampilan proses yang diamati kurang kompleks. Sehingga hasil belajarnya pun masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh kemampuan berpikir terhadap penguasaan konsep siswa dengan pendekatan keterampilan proses; (2) Adanya pengaruh kemampuan berpikir terhadap hasil belajar belajar siswa dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII5 Negeri 1 Pekalongan yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan sub materi Kalor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Eko Meinanto Dedek Saputra iii Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data kemampuan berpikir, penguasaan konsep dan hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan linier. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 17.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kemampuan berpikir terhadap penguasaan konsep siswa dengan pendekatan keterampilan proses. sebesar 33,90% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 yang termasuk dalam kategori sedang dan persamaan regresi Y= 28,917 + 2,339X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan dan (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir terhadap hasil belajar dengan pendekatan keterampilan proses. sebesar 37,50% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 yang termasuk dalam kategori kuat dan persamaan regresi Y= 32,972 + 2,466X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Kata kunci : kemampuan berpikir, pendekatan keterampilan proses, penguasaan konsep, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:06
Last Modified: 16 Apr 2015 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item