PENGARUH KESIAPAN TEKNOLOGI DAN DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP PENERIMAAN TEKNOLOGI E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Witantri Dwi Swandini, 1621031028 (2019) PENGARUH KESIAPAN TEKNOLOGI DAN DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP PENERIMAAN TEKNOLOGI E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (613Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1269Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1270Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kesiapan teknologi dan dukungan pemerintah terhadap penerimaan teknologi e-commerce pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung. Responden penelitian ini adalah UMKM di Kota Bandar Lampung yang sudah mengadopsi ecommerce dalam kegiatan bisnisnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan model Structural Equation Model (SEM).Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuisioner kepada responden, dibantu dengan hasil wawancara dengan responden. Variabel independen penelitian ini yaitu kesiapan teknologi dan dukungan pemerintah, sedangkan variabel dependennya yaitu penerimaan teknologi e-commerce. Kesiapan teknologi dalam penelitian ini diukur menggunakan (Technology Readiness Index/ TRI (Parasuraman, 2000) yang terdiri dari 4 dimensi, yaitu: optimisme, inovasi, ketidakamanan, dan ketidaknyamanan. Dukungan pemerintah menggunakan 3 indikator , yaitu: bantuan modal, pelatihan/ pendidikan, dan pendampingan tenaga ahli. Sedangkan penerimaan teknologi e-commercediukur menggunakan Technology Acceptance Model/ TAM (Davis et al., 1989) yang terdiri dari 3 indikator, yaitu: persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan minat untuk menggunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan teknologi diukur dari dimensi optimisme dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan menggunakan. Sedangkan dimensi ketidakamanan dan ketidaknyamanan harus dihapus dari model karena memiliki faktor loading ≤ 0,7. Dukungan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan. Persepsi kemanfaatan dan ersepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat untuk menggunakan. Kata kunci: Kesiapan Teknologi, Dukungan Pemerintah, Penerimaan Teknologi E-Commerce, UMKM The purpose of this study is to provide empirical evidence regarding the effects of technology readiness and government support toe-commerce technology acceptance in micro small and medium enterprises (MSMEs) in Bandar Lampung City. Respondents in this study were MSMEs in Bandar Lampung City who had adopted ecommerce in their business activities. The data analysis method used is the quantitative method with the Structural Equation Model (SEM) model. The type of data used is primary data obtained by distributing questionnaires assisted by the results of interviews with respondents. The independent variable of this research is technology readiness and government support, while the dependent variable is ecommerce technology acceptance. Technology readiness in this study was measured using Technology Readiness Index/ TRI (Parasuraman, 2000) which consists of 4 dimensions, namely: optimism, innovation, insecurity, and discomfort. Government support uses 3 indicators, namely: capital assistance, training/education, and expert assistance, while the ecommercetechnology acceptance is measured using Technology Acceptance Model/ TAM (Davis et al., 1989) which consists of 3 indicators, namely: perceived usefulness, perceived ease of use, and behavior intention to use. The results showed that technology readiness had a significant positive effect on perceived usefulness and perceived ease of use. While the dimension of discomfort and insecurity should be removed from the model because it has a loading factor ≤ 0,7. Government support has a significant positive effect on perceived usefulness and perceived ease of use. Perceived usefulness and perceived ease of use have a significant positive effect on behavior intention to use e-commerce technology. Keywords: Technology Readiness, Government Support, Technology Acceptance E-Commerce, SMEs

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Depositing User: Anita Anita Ekarini
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:23
Last Modified: 22 Mar 2022 05:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55346

Actions (login required)

View Item View Item