PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA

DONI WIBISONO , 1113043016 (2018) PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1725Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1725Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran gerak tari muli siger . Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi kelas VII dan VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 1 guru pembimbing ekstrakurikuler. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam pembelajaran tari muli siger menggunakan strategi Creative Learning. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari muli siger dan strategi pembelajaran creative learning. Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa ternyata 1 siswa mendapatkan kriteria Baik Sekali, 4 siswa mendapatkan kriteria Baik . Selain itu 2 siswa mendapatkan kriteria Cukup. Sementara 3 siswa tidak mendapatkan penilaian. Kata kunci : pembelajaran, strategi creative learning, tari muli siger. ABSTRACT Formulation of the problem in this research was how the learning process and learning outcomes of muli siger dance learning using creative learning strategy in extracurricular activities at SMPN 01 Ambarawa. This reseach is aimed to describe the process and result of learning muli siger dance. Source of data in this study were 10 seven and eight grade student who participated in extracurricular and 1 extracurricular teacher. This study design was using qualitative descriptive research. Descriptive qualitative data obtained from the quality of the student movement as seen from the result of practical test and observations of student learning activities and the activities of teachers in theaching muli siger dance using creative learning strategy. Data collecting technique that used in this reseach were observation, documentation and interview. The theories used in this study were learning, muli siger dance and creative learning strategy. The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the muli siger dance learning by using creative learning strategy, the data showed there were 1 student who get a very good criteria, 4 students get a good criteria. Then 2 students get a enough and 3 students is not have a value, Key words: learning, creative learning strategy, muli siger dance.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 188227731 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2019 06:23
Last Modified: 19 Feb 2019 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55837

Actions (login required)

View Item View Item