FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ETIKA PROFESI MITRA KERJA PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE (Studi Kasus Pada Mitra Grab Bike Di Bandar Lampung)

GENTHA ABDINEGORO, 1516051058 (2019) FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN ETIKA PROFESI MITRA KERJA PADA PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE (Studi Kasus Pada Mitra Grab Bike Di Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1878Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1878Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pelanggaran etika profesi mitra kerja pada perusahaan jasa transportasi berbasis online. Informan pada penelitian ini adalah 6 mitra Grab bike yang aktif, dan 4 koorlap shelter Grab bike di Bandar Lampung. Manfaat penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pengetahuan, khususnya manajerial perusahaan dalam hubungan dengan etika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Faktor-faktor penyebab pelanggaran yaitu, Kebijakan yang tidak dijelaskan secara rinci oleh perusahaan Grab. Punishment System yang dilakukan dari pihak Grab terhadap mitra Grab bike. Perjanjian/Kontrak oleh mitra Grab bike yang tidak membaca perjanjian perusahaan Grab secara detail oleh mitra Grab bike. Training yang dilakukan dari pihak Grab untuk mitra Grab bike tentang peraturan kode etik dari perusahaan Grab. Dan kebutuhan ekonomi dari mitra Grab bike, sehingga mereka melakukan pelanggaran untuk mendapatkan bonus. Data yang diperoleh dengan wawancara terhadap 6 mitra Grab bike yang aktif dan 4 koorlap Shelter Grab bike. Dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif. Dari analisis data tersebut diperoleh bahwa melakukan hal kecurangan itu menyebabkan sanksi, hal tersebut merupakan dominan dari faktor-faktor penyebab pelanggaran etika profesi mitra kerja pada mitra Grab bike di Bandar Lampung. Kata Kunci: Penyebab, Pelanggaran, Etika Mitra Kerja, This study aims to explore the factors causing violations of the professional ethics of work partners in online-based transportation service companies. The informants in this study were six active Grab partners, and four Grab shelter coordinators in Bandar Lampung. This research benefits to contribute the knowledge,Specifically on managerial practices of the company in relation to ethics. The method used in this research was qualitative research with descriptive research analysis. The factors causing violations of the company code of conduct are, unfavourable Policy who doesn’t explained in detail by Grab company, Punishment System by Grab company to their bike partner, Agreement/contract by Grab bike partner who doesn’t read an agreement of Grab company, Lack of ethical training by Grab company to Grab bike partner about code of ethics. And economic needs from Grab partner,so they can make a violations to get a bonus. Data was obtained by interviews with six active Grab bike partners and four Grab bike Shelter coordinators. With data analysis techniques using an interactive model. From the analysis of the data, this research finds that committing fraud caused sanctions, it was the dominant factor causing violations of the professional ethics of work partners on Grab bike partners in Bandar Lampung. Keywords: Causes, Violations, Ethics of Partners, Grab Bike Partners, Online Based Transportation Service Company.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:41
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55902

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir