TENAGA KERJA WANITA (TKW) DAN PERCERAIAN (Studi pada Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang telah Bercerai di Desa Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur)

LIA PUTRIANA, 1516011026 (2019) TENAGA KERJA WANITA (TKW) DAN PERCERAIAN (Studi pada Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang telah Bercerai di Desa Lehan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2677Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1674Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis secara mendalam tentang faktor penyebab perceraian pada mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) dan strategi bertahan hidup mantan TKW setelah bercerai di desa Lehan, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mantan TKW yang telah bercerai, dimana penentuan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu menentukan informan penelitian sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perceraian pada mantan TKW yaitu: Faktor ekonomi, tempat yang berjauhan, adanya orang ketiga, kekerasan dalam rumah tangga, kurangnya komunikasi. Kemudian dalam memenuhi kehidupan sehari�hari setelah bercerai dan tidak bekerja di luar negeri mantan TKW memiliki 3 strategi bertahan hidup yaitu: strategi aktif yaitu memanfaatkan sumber daya yang ada serta mengoptimalkan peran anggota keluarga, strategi pasif yaitu strategi yang dilakukan dengan menerapkan atau meminimalisir pengeluaran keluarga, dan strategi jaringan yaitu strategi yang dilakukan dengan cara memanfaatkan lingkungan sosial baik formal maupun informal. Kata Kunci: TKW, Perceraian, Strategi Bertahan Hidup This study aims to determine, assess, and analyze in depth about the factors causing divorce in former migrant workers and the survival strategies of former migrant workers after divorcing in Lehan village, Bumi Agung District, East Lampung Regency. This type of research used is descriptive with a qualitative approach. The subjects in this study were former divorced female migrant workers, where the determination of informants was carried out purposively sampling, namely determining research informants according to the criteria needed. Data collection techniques used are in-depth interviews, observation, and documentation. The results showed that the factors causing divorce in former migrant workers are: Economic factors, remote places, the presence of a third person, domestic violence, lack of communication. Then in fulfilling daily life after divorce and not working abroad, former TKW has 3 survival strategies, namely: active strategy that is utilizing available resources and optimizing the role of family members, passive strategy, which is a strategy carried out by implementing or minimizing family expenses , and network strategy, which is a strategy carried out by utilizing the social environment both formal and informal. Keywords: TKW, Divorce, Survival Strategy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT . Digilib8
Date Deposited: 24 Mar 2022 16:12
Terakhir diubah: 24 Mar 2022 16:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56030

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir