PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI)

SUSANTI, 0743022053 (2013) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. Cover dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Menyetujui.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (4032b) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Persembahan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Sanwacana.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
B1.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
B2.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
B3.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img] Text
B4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252Kb)
[img]
Preview
Text
B5.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (160Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Fisika merupakan bagian dari sains yang mempunyai peran strategis dalam pengembangan sains dan teknologi. Perkembangan fisika tidak akan lepas dari peran pendidikan fisika. Penerapan pembelajaran fisika yang monoton dapat ditumbuhkan dengan menerapkan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Penguasaan konsep fisika siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masayarakat dengan perbaikan tampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penguasaan konsep fisika antara pembelajaran menggunakan model STM dan DI. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk quasi-eksperimen (eksperimen semu) dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil tes penguasaan konsep fisika siswa menggunakan skor rata-rata N-Gain hasil tes penguasaan konsep fisika dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan tes penguasaan konsep diperoleh rata-rata N-Gain penguasaan konsep fisika pada kelas eksperimen 1 (menggunakan model Susanti pembelajaran STM) sebesar 0,65 (kategori cukup baik). Pada kelas eksperimen 2 (menggunakan model DI) diperoleh rata-rata N-Gain penguasaan konsep fisika siswa sebesar 0,47 (kategori kurang baik). Kenaikkan rata-rata tes penguasaan konsep fisika siswa sebesar 38% melalui pembelajaran STM dan 30% melalui model DI. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil tes penguasaan konsep fisika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STM lebih baik dibandingkan dengan hasil tes penguasaan konsep fisika pada pembelajaran yang mengunakan model DI. Kata kunci: Penguasaan konsep fisika siswa, model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, dan model direct instruction

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 05 Dec 2014 07:27
Last Modified: 05 Dec 2014 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item