PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI)

SUSANTI, 0743022053 (2013) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3. Cover dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (4032b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Persembahan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
B1.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
B2.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
B3.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img] File PDF
B4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (252Kb)
[img]
Preview
File PDF
B5.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (160Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Fisika merupakan bagian dari sains yang mempunyai peran strategis dalam pengembangan sains dan teknologi. Perkembangan fisika tidak akan lepas dari peran pendidikan fisika. Penerapan pembelajaran fisika yang monoton dapat ditumbuhkan dengan menerapkan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Penguasaan konsep fisika siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masayarakat dengan perbaikan tampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penguasaan konsep fisika antara pembelajaran menggunakan model STM dan DI. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk quasi-eksperimen (eksperimen semu) dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil tes penguasaan konsep fisika siswa menggunakan skor rata-rata N-Gain hasil tes penguasaan konsep fisika dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan tes penguasaan konsep diperoleh rata-rata N-Gain penguasaan konsep fisika pada kelas eksperimen 1 (menggunakan model Susanti pembelajaran STM) sebesar 0,65 (kategori cukup baik). Pada kelas eksperimen 2 (menggunakan model DI) diperoleh rata-rata N-Gain penguasaan konsep fisika siswa sebesar 0,47 (kategori kurang baik). Kenaikkan rata-rata tes penguasaan konsep fisika siswa sebesar 38% melalui pembelajaran STM dan 30% melalui model DI. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil tes penguasaan konsep fisika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STM lebih baik dibandingkan dengan hasil tes penguasaan konsep fisika pada pembelajaran yang mengunakan model DI. Kata kunci: Penguasaan konsep fisika siswa, model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, dan model direct instruction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 05 Dec 2014 07:27
Terakhir diubah: 05 Dec 2014 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir