PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AMBAR WIDYA LESTARI, 0913031002 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover dalam.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pendidikan merupakan hal yang perlu diperhatikan karena dengan pendidikan suatu bangsa akan menjadi lebih maju. Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh mutu kegiatan pembelajaran di sekolah. Pada kegiatan pembelajaran di sekolah dihadapkan oleh masalah rendahnya hasil bdan prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor eksternal yang dapat menentukan hasil belajar siswa adalah variasi mengajar guru, sedangkan salah satu faktor internalnya adalah cara belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. 2. Pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. 3. Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 7 Bandarlampung, yaitu berjumlah 180 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 124 siswa dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifiktif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,350 termasuk kategori tingkat hubungan yang kuat dengan R Square(R2) sebesar 0,122 atau 12,2% hasil belajar IPS Terpadu siswa dipengaruhi persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan 87,8% sisanya dipengaruhi faktor lain. Serta terlihat dari hasil pengolahan data menggunakan regresi linier maka diperoleh t hitung sebesar 4,125 > t tabel sebesar 1,97 (hasil intervolasi) dan probabilitasnya (sig.) ternyata 0.000 < 0.05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu. 2. Cara belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Hal tersebut dapat dilihat perhitungan koefisien korelasi sebesar0,499 termasuk kategori tingkat hubungan yang kuat dengan R Square(R2) sebesar 0,249 atau 24,9% hasil belajar IPS Terpadu siswa dipengaruhi cara belajar siswa dan 75,1% sisanya dipengaruhi faktor lain. Serta terlihat dari pengolahan data menggunakan regresi linier t hitung untuk cara belajar siswa sebesar 6,358 > t tabel sebesar 1,97 (hasil intervolasi) dan probabilitasnya (sig.) ternyata 0.000 < 0.05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. 3. Persepsi siswa terhadap variasi mengajar guru dan cara belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil perhitungan Koefisien korelasi multiple diperoleh R= 0,581 berarti tingkat hubungan antara persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan cara belajar siswa dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa termasuk kategori kuat dengan R Square(R2) diperoleh sebesar 0,338 atau 33,8% hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan cara belajar siswa. Dan dapat terlihat terlihat bahwa F hitung sebesar 30, 907 > F tabel = 3,07 atau Sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak. Dengan kata lain ada pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 05 Dec 2014 07:28
Last Modified: 05 Dec 2014 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item