PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X2 SMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011)

, RISE NOVERA ADRI (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X2 SMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1797Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Persada Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan pada Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 100% siswa mencapai nilai ≥ 65, namun siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanya 35%. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X2 pada materi pokok hidrokarbon 2009-2010 yaitu 61. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti aktif mengemukakan pendapat, aktif bertanya, aktif menjawab pertanyaan dan aktif dalam diskusi masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterap-kan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan persentase rata-rata (1) setiap jenis aktivitas on Rise Novera Adri task, (2) penguasaan konsep dan, (3) ketuntasan belajar pada konsep hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2 SMA Persada Bandar Lampung yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata (1) setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut: (a) aktif mengemukakan pendapat sebesar 12,86% dan 11,33%; (b) aktif dalam diskusi sebesar 12,86% dan 12,85%; (c) aktif bertanya sebesar 18,59% dan 14,29%; (d) aktif menjawab pertanyaan sebesar 5,72% dan 7,14%; (2) penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebe-sar 12,60%, dari siklus II ke siklus III sebesar 11,08%; dan (3) ketuntasan bela-jar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00%, dari siklus II ke siklus III sebe-sar 14,28%. Indikator kinerja tercapai sejak siklus I ke siklus II. Kata kunci: model penemuan terbimbing, aktivitas on task, konsep hidrokarbon

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > Q Science (General)
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 Jan 2014 02:49
Last Modified: 20 Jan 2014 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item