Nia rusada, 1513041045 (2019) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR PANDANG DENGAR “VIDEO” DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 1 JABUNG KABUPATEN LAMPUNG. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2931Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2495Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah keefektifan bahan ajar pandang dengar “video” mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Lampung Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan bahan ajar pandang dengar “video” dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi siswa kelas VIII dengan cara mendeskripsikan (1) Tingkat kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar pandang dengar “video” dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar cetak “LKS” dan menyajikan (2) Perbedaan hasil skor antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar pandang dengar “video” dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar cetak “LKS” siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu bahan ajar pandang dengar “video” dan variabel terikat yaitu kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung Lampung Timur. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan jamak mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 95%. Simpulan penelitian adalah penggunakan bahan ajar pandang dengar “video” dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi siswa kelas VIII efektif digunakan. Hal-hal yang mendukung pernyataan dijabarkan sebagai berikut (1) Tingkat kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan lebih besar dengan selisih skor skor awal dan akhir sebesar 29,493 sedangkan kelompok kontrol hanya 3, (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis analisis data sampel bebas, diperoleh nilai p sebesar 0.008<0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya uji gain diperoleh nilai p sebesar 0.002<0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan juga. Kata kunci : keefektifan, bahan ajar, puisi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 12:37 |
Terakhir diubah: | 26 Mar 2022 12:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56461 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |