PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEGANG WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH (Ruas Gunung Sugih - Terbanggi Subing)

YOGI ALEXANDER, 1215011114 (2019) PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEGANG WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH (Ruas Gunung Sugih - Terbanggi Subing). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2309Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2309Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2310Kb) | Preview

Abstrak

This thesis discusses the analysis of the Way Pengubuan bridge that connects the Gunung Sugih and Terbanggi Subing regions which are separated by rivers and have bridges that have not yet fulfilled the feasibility of being a bridge completely. So that the Government made the Way Pengubuan bridge construction project which aims to facilitate community mobilization so that the community's economy can increase. The location of this study was carried out on Way Pengubuan bridge, Gunung Sugih - Terbanggi Subing, Lampung Tengah Regency, Lampung Province. The data needed during this research are planning standards issued by SNI, literature published bridge planning standards, and general bridge data obtained from P.T. YODYA KARYA (Persero) as a project contractor. The method carried out in this study is to use the data obtained then analyze the structure of the bridge, analyze the structure of the structure under the bridge. From the results of the study it can be seen that the type of bridge used is prestressed concrete with a total span of 80 m, the span between abutments and 40m pillars, 7m bridge width, 2x3.5m track width, and 2m sidewalk width, Reinforcing bar on Pier and Abutment heads using Main Reinforcing bar D19, Reinforcing bar on Pier & Abutment Body using Main Reinforcing bar D25-250, Reinforcement on Abutment Feet using Reinforcing bar D22-50 meanwhile on Pier Foot uses Main Reinforcing bar D25-125. Key words : Bridge, upper structure bridge planning, lower structure bridge planning, Way Pengubuan. Skripsi ini membahas analisis pembuatan jembatan Way Pengubuan yang menghubungkan daerah Gunung Sugih dan Terbanggi Subing yang terpisah oleh sungai dan memiliki jembatan yang belum memenuhi kelayakan sebagai sebuah jembatan secara sempurna. Sehingga Pemerintah membuat proyek pembangunan jembatan Way Pengubuan yang bertujuan untuk memperlancar mobilisasi masyarakat sehingga perekonomian masyarakat meningkat. Lokasi penelitian ini dilakukan pada jembatan Way Pengubuan ruas Gunung Sugih – Terbanggi Subing, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Data yang diperlukan selama penelitian ini adalah standar perencanaan yang diterbitkan oleh SNI, literatur yang memuat standar perencanaan jembatan, dan data umum jembatan yang diperoleh dari P.T. YODYA KARYA (Persero) sebagai kontraktor pelaksana proyek. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data-data yang didapat kemudian melakukan analisis struktur atas jembatan, analisis struktur bawah jembatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tipe jembatan yang digunakan adalah beton prategang dengan bentang total 80 m, bentang antara abutmen dan pilar 40m, lebar jembatan 7m, lebar jalur 2x3,5m , dan lebar trotoar 2m. Tulangan pada kepala Pier dan Abutmen menggunakan Tul. Utama D19, Tulangan pada Badan Pier & Abutmen menggunakan Tul. Utama D25-250 ,Tulangan pada Kaki Abutmen menggunakan Tul. Utama D22-50 sedangkan pada Kaki Pier menggunakan Tul. Utama D25-125. Kata kunci : Jembatan, Perencanaan Struktur Atas, Perencanaan Struktur Bawah, Way Pengubuan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:19
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56868

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir