PERBANDINGAN KECAKAPAN HIDUP ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL SCAFFOLDING DAN ARTIKULASI DENGAN MEMPERHATIKAN EMOTIONAL QUESTION (EQ) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MTS MA’ARIF NU 5 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Erzal Syahreza Aswir, 1313031034 (2019) PERBANDINGAN KECAKAPAN HIDUP ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL SCAFFOLDING DAN ARTIKULASI DENGAN MEMPERHATIKAN EMOTIONAL QUESTION (EQ) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MTS MA’ARIF NU 5 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3909Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecakapan hidup siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecakapan hidup antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan Artikulasi dengan memperhatikan Emotional Quetions (EQ) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level . Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kecakapan hidup antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan Artikulasi pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Kecakapan hidup yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi bagi siswa yang memiliki Emotional Quetions (EQ) tinggi, (3) Kecakapan hidup yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Scaffolding bagi siswa yang memiliki Emotional Quetions (EQ) rendah, (4) Adanya interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan Emotional Quetions (EQ) terhadap kecakapan hidup. Kata kunci: kecakapan hidup, scaffolding, artikulasi, emotional quetions. This research is motivated by the low life skills of students in Integrated Social Sciences class VIII MTs Ma'arif NU 5, East Lampung. The purpose of this study was to determine the comparison of life skills between students whose learning uses the Scaffolding and Articulation learning model by paying attention to students' Emotional Quetions (EQ). The method used in this study is quasiexperimental with a comparative approach. The research design used was treatment by level. The population includes all eighth grade students of MTs Ma'arif NU 5, East Lampung Sub-district in the Academic Year 2017/2018 with a total sample of 65 students determined by cluster random sampling technique. Hypothesis testing uses the two-way variance analysis formula and two independent sample t-tests. The results of data analysis show (1) There are differences in life skills between students whose learning uses Scaffolding and Articulation learning models in Integrated Social Sciences subjects, (2) Life skills whose learning using Scaffolding learning models is higher compared to using Articulation learning models for students who have High Emotional Quetions (EQ), (3) Life skills learning using Articulation learning models are higher than using Scaffolding learning models for students who have low Emotional Quetions (EQ), (4) There is an interaction between the use of learning models and Emotional Quetions (Emotional Quetions) EQ) on life skills. Keywords: life competition, scaffolding, articulation, emotional quetions

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:23
Terakhir diubah: 31 Mar 2022 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir