PENGARUH FILTER UDARA BERBAHAN CAMPURAN ARANG SEKAM PADI DAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DENGAN VARIASI KOMPOSISI DAN VARIASI TEMPERATUR AKTIVASI TERHADAP PRESTASI SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH

THEOFILLIUS GUSTAVO NAIBORHU, 1515021012 (2019) PENGARUH FILTER UDARA BERBAHAN CAMPURAN ARANG SEKAM PADI DAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DENGAN VARIASI KOMPOSISI DAN VARIASI TEMPERATUR AKTIVASI TERHADAP PRESTASI SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1569Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1570Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan sepeda motor membutuhkan bahan bakar dan menimbulkan polusi udara seperti gas CO dan HC. Penggunaan arang sekam padi dan tempurung kelapa sebagai adsorben dapat meningkatkan prestasi mesin sepeda motor bensin 4-langkah pada penelitian sebelumnya. Untuk meningkatkan kemampuan serbuk arang tersebut sebagai adsorben, maka pada penelitian ini dilakukan pencampuran serbuk arang sekam padi dengan arang tempurung kelapa dengan variasi komposisi campuran dan temperatur aktivasi. Penelitian dilakukaan dengan pengujian berjalan yaitu pengujian konsumsi bahan bakar (berjalan konstan 50 km/jam menempuh jarak 5 km) dan pengujian akselerasi (0-80 km/jam) dan pengujian stasioner yaitu pengujian konsumsi bahan bakar dengan putaran mesin 1500 rpm dan 3000 rpm, dan uji emisi gas buang (jenis filter terbaik pada seluruh pengujian sebelumnya) pada putaran mesin 1500 rpm. Variasi komposisi campuran serbuk arang adalah 0:100%, 100%:0%, 25%:75%, 50%:50%, dan 75%:25%. Variasi temperatur aktivasi yaitu tanpa perlakuan aktivasi, 175oC, 200oC, dan 225oC. Pengujian dilakukan pada setiap jenis filter arang dan pengujian dalam kondisi normal (tanpa filter arang). Berdasarkan hasil pengujian, terbukti pellet campuran arang mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga sebesar 11,67% dan meningkatkan akselerasi 11,64% pada pengujian berjalan. Pada pengujian stasioner, pellet campuran arang mampu menurunkan konsumsi bahan bakar sebesar 51,22% pada putaran mesin 1500 rpm dan 27,97% pada putaran mesin 3000 rpm. Pada pengujian emisi gas buang, kadar CO menurun sebesar 21,43% dan kadar HC sebesar 21,12% dari kondisi normal. Jenis pellet campuran arang terbaik pada seluruh pengujian yaitu 3S25%T75%. Kata kunci : prestasi mesin bensin 4-langkah, adsorben, arang sekam padi, arang tempurung kelapa, campuran, aktivasi fisik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:04
Terakhir diubah: 01 Apr 2022 06:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57267

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir