STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X IPS MA MA’ARIF 06 PASIR SAKTI TP. 2018/2019

Ri'am Sentya, 1513031014 (2019) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X IPS MA MA’ARIF 06 PASIR SAKTI TP. 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2081Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1932Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berkolaborasi menggunakan model pembelajaran TPS dan STAD pada kelas X MA Ma’arif 06 Pasir Sakti tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 1 dengan jumlah 27 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontol. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD, hal ini ditunjukkan Fhitung > Ftabel atau 5,032 > 1,6741 (2) Kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, terlihat dari rata-rata kemampuan berkolaborasi ditunjukkan Fhitung > Ftabel atau 4,994 > 1,734, sehingga dapat disimpulkan kemampuan berkolaborasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD Kata kunci: Ekonomi, Kemampuan Berkolaborasi, TPS, STAD. This study aims to compare the ability to collaborate using the TPS and STAD learning models in class X MA Ma'arif 06 Pasir Sakti in the academic year 2018/2019. This research was conducted in class X IPS 1 with 27 as the experimental class and X IPS 2 with 28 students as the dick class. Hypothesis testing uses two independent sample t-tests. The results showed: (1) There was a difference in the average collaborative ability of students using TPS and STAD cooperative learning models, this was indicated by Fcount> Ftable or 5,032> 1,6741 (2) Collaborative ability of students using TPS cooperative learning models better than the STAD type cooperative learning model, it can be seen from the average collaborative ability indicated Fcount> Ftable or 4.994> 1.734, so that it can be concluded that the collaborative ability of students who use cooperative learning type TPS is better than the STAD type cooperative model Keywords: Economics, Collaborative Ability, TPS, STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:57
Terakhir diubah: 01 Apr 2022 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir