Putu Kriya Santi Ganggayani, 1443034008 (2019) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP BERSERTIFIKASI PENDIDIK DI KOTA METRO TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3218Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1441Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman tentang landasan pendidikan, (2) pemahaman tentang peserta didik, (3) pengembangan kurikulum, (4) perencanaan pembelajaran, (5) pemanfaatanteknologi/media pembelajaran, (6) pelaksanaan pembelajaran, (7) evaluasi hasil belajar serta (8) pengembangan potensi siswa tentang guru IPS SMP bersertifikasi pendidik di Kota Metro Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS SMP bersertifikasi pendidik di Kota Metro yang berjumlah 83 orang guru. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) 48,48% guru IPS sudah memiliki kemampuan dalam pemahaman wawasan/landasan pendidikan dengan baik, (2) 51,51% guru IPS dalam kemampuan memahami peserta didik tergolong kurang baik, (3) 42,42% guru IPSsudah memiliki kemampuan dalam pengembangan kurikulum dengan baik, (4) 45,45% guru IPS dalam kemampuan perancangan pembelajaran tergolong kurang baik, (5) 45,45% guru IPS dalam kemampuan pemanfaatan teknologi/media pembelajaran tergolong tidak baik, (6) 42,42% guru IPSsudah memiliki kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan baik, (7) 81,81% guru IPS sudah memiliki kemampuan evaluasi hasil belajar dengan baik, (8) 42,42% guru IPS sudah memiliki kemampuan dalam pengembangan potensi siswa dengan baik. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru IPS Bersertifikasi The purpose of this research is to know: (1) understanding of educational base, (2) understanding of learners, (3) curriculum development, (4) learning planning, (5) utilization of technology / instructional media, (6) implementation of learning, (7) evaluation of learning outcomes and (8) development of students' potentials for teachers of IPS SMP certified educators in Metro City of the academic year 2017/2018. The method used in this research is descriptive method. The population in this study is all teachers of IPS SMP certified educators in Metro City, amounting to 83 teachers. Data collection tools used are questionnaire techniques, observation techniques, interview techniques and documentation techniques. Data analysis technique using percentage. The result of the research shows: (1) 48,48% of IPS teachers have ability in understanding of knowledge / foundation of education well, (2) 51,51% IPS teachers in the ability to understand learners classified as less good, (3) 42,42% (4) 45,45% of IPS teachers in the learning design skills are classified as less good, (5) 45,45% of IPS teachers in the ability of the use of technology / learning media is not good, (6) 42,42% of IPS teachers already have the ability in the implementation of learning well, (7) 81,81% IPS teachers have the ability to evaluate the results of learning well, (8) 42,42% IPS teachers already have the ability in the development potential of students with good. Keywords: Pedagogic Competency, certified IPS Teachers.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 07:24 |
Terakhir diubah: | 04 Apr 2022 07:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57454 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |