PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

ANGELA LISTIAWATI, 1513024043 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Banyumas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E dan VIII F berjumlah 61 orang yang dipiih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain sebagai hasil analisis dengan uji Independent Sampel T-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan data yang didapatkan rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen untuk keterampilan proses sains sebesar 0,65 dan untuk penguasaan konsep 0,67 sedangkan pada kelas kontrol untuk keterampilan proses sains sebesar 0,32 dan untuk penguasaan konsep 0,36. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains memiliki tanggapan persentase baik dan hasil analisis observasi keterampilan proses sains meimliki persentase sangat tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), keterampilan proses sains, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57478

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir