PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

DWI FITRIYANI, 1413024028 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2550Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1845Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 56 peserta didik terbagi atas dua kelas, yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 4 yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil belajar yang setara. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan jenis desain Pretes-Postes Kelompok Kontrol. Data keterampilan kolaborasi diukur menggunakan lembar penilaian observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diukur dengan menggunakan intsrumen soal pretes-postes. Analisis data untuk keterampilan kolaborasi dilakukan dengan menghiung nilai rata-rata setiap indikator dan analisis data instrumen soal berpikir tingkat tinggi terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), perhitungan N-gain dan uji hipotesis (T-test). Berdasarkan hasil anaisis data diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning dapat iii meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi (C4, C5, dan C6) yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci : problem based learning, kolaborasi, berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57499

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir