PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

FATYNIA ILMIYATNI, 1413024034 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK(1).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3146Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2695Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model PBL terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diperoleh dari hasil lembar observasi keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata skor iii kolaborasi kelompok eksperimen sebesar 78,56 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 72,67. Selain itu, keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dengan kelompok kontrol. Rata-rata N-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,39 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,23. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Berpikir tingkat tinggi, Kolaborasi, Problem Based Learning,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57518

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir