EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

IHDINI SABILLA MU’MINATI, 1513024026 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 berjumlah 27 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Group Pretest- Postest Desain. Keterampilan komunikasi diperoleh dari self assessmnet, peer assessment serta observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil belajar kognitif diperoleh dari pretest dan postest dianalisis menggunakan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi secara lisan dengan kategori tinggi perolehan rata-rata sebesar 77%. Indikator keterampilan komunikasi lisan tertinggi pada memberikan contoh dan kontak mata dengan rata-rata sebesar 79% dengan kategori tinggi sedangkan indikator terendah pada menghubungkan ii grafik atau gambar, penggunaan bahasa, detail informasi dengan rata-rata sebesar 75% dengan kategori cukup. Keterampilan komunikasi secara tulisan dengan kategori tinggi perolehan rata-rata sebesar 78%. Indikator keterampilan komunikasi tulisan kategori tertinggi pada penulisan informasi secara akurat dengan rata-rata sebesar 80% lalu indikator terendah pada menghubungkan grafik dan penggunaan tanda baca dengan rata-rata sebesar 75% dengan kategori cukup. Model pembelajaran tipe Jigsaw juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif diperoleh kategori sedang (N gain 0,58). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci : hasil belajar kognitif, keterampilan komunikasi, model pembelajaran tipe Jigsaw.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir