INDAH KUSTYA WINAHYU, 1513024080 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019). FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (3532Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP N 3 Metro pada pembelajaran IPA Biologi materi pokok ekosistem. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII E dan VII F berjumlah 63 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent pretest-posttest control group design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-test pada kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai signifikasi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran materi iii ekosistem menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memiliki persentase sebesar 80,72% dengan kriteria baik. Kata kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 22:51 |
Terakhir diubah: | 02 Apr 2022 22:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57586 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |