PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019)

INTAN NOVITA SARI, 1513024078 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019). FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2268Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok “Perubahan Lingkungan”. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Pringsewu dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest- posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains sebanyak sepuluh soal uraian yang mengikuti konstruksi pola pada soal Programme for International Assessment (PISA). Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada tanpa menggunakan Problem Based Learning pada konteks “Perubahan Lingkungan”. iii Kata kunci: Kemampuan literasi sains, perubahan lingkungan, Problem Based Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57592

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir