PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

ISRA MIRANA PUTRI, 1413024045 (2019) PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (820Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (821Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIB dan VIID yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh melalui angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) diperoleh dari pretest dan posttest. Angket dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi kelas ekperimen lebih tinggi dengan keriteria “berkembang sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki kriteria “sudah berkembang”. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol iii dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,59 ± 0,163) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,52 ± 0,154). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan metakognisi tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, hasil belajar, keterampilan metakognisi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57603

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir