PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018

Dedi Andrianto, 1413033012 (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1812Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1523Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidik mempunyai peran penting untuk mencari strategi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model pembelajaran Problem Based Introduction, karena model ini menggunakan metode diskusi sehingga siswa dapat mudah memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introductiondilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive dan dipilih Kelas XI IPS 3 berjumlah 28 siswa, kemudian dibentuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Introduction. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis eksperimental design dan bentuk posstest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest. Data yang terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data menunjukan hasil perbandingan sebesar 4,35 dengan rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 79 dan kelas eksperimen sebesar 83,71. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan setelah membandingkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introduction dilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci : perbandingan, Group Investigation, Problem Based Introduction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir