HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

NABIILA NUR LATHIIFA, 1513024006 (2019) HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1337Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1336Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi hubungan pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, mengetahui signifikasi hubungan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui signifikasi hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 14 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang meliputi aspek kognitif diperoleh melalui tes. Sedangkan data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains, iii wawancara, lembar observasi pelaksanaan praktikum serta lembar observasi keterampilan generik sains peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji korelasi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,745 mengindikasikan hubungan yang kuat antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, selanjutnya yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,791 mengindikasikan hubungan yang kuat antara keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,874 mengindikasikan hubungan yang sangat kuat antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Keterampilan Generik Sains, Pelaksanaan Praktikum.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:20
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57650

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir