PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

LIAN BELA SYAPUTRI HARAHAP, 1513033072 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2015Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1264Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diperoleh beberapa permasalahan, salah satu diantaranya yaitu motivasi belajar siswa yang masih rendah, kurang aktif nya siswa dalam menanyakan, menjawab dan berdiskusi mengenai kesulitan yang dihadapi pada saat guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya dalam pelajaran sejarah, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ini suatu Strategi Pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020?”. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dan Deskriptif Verifikatif dengan pendekatan ex facto dan survey. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dilihat dari sebelum dan sesudah penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dibuktikan melalui persentase di beberapa Kelas mengalami peningkatan seperti di Kelas X IPS 1 sebelum penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray di kategori tinggi memiliki persentase sebesar 4% meningkat menjadi 28%, di Kelas X IPS 2 dari 18% meningkat menjadi 44%, di Kelas X IPS 3 24% meningkat menjadi 44%, di Kelas X IPS 4 32% meningkat menjadi 40% dan di Kelas X IPS 5 dari 20% meningkat menjadi 36% Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana disimpulkan bahwa Thitung = 9,890 dengan Ttabel 1,65765, sehingga di setiap kelas X IPS memiliki variabel X yang berpengaruh terhadap variabel Y yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, jadi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci: Motivasi, Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:02
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 05:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57807

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir