PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN ( VCT ) VALUE CLARIFICATION TECHNIQ TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN NASIONALISME SISWA-SISWI KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Suciana, 1513033058 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN ( VCT ) VALUE CLARIFICATION TECHNIQ TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN NASIONALISME SISWA-SISWI KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2859Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2035Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penurunan moral dikalangan peserta didik disinyalir menjadi sebuah masalah yang semakin memprihatinkan.. Salah satu tujuan dari penanaman nilai-nilai untuk meningkatkan nasionalisme pada diri peserta didik, dimana nasionalisme sebagai kemampuan dasar (basic drive) serta daya juang (elan vital) dari sebuah bangsa bernama Indonesia yang sedang diuji fleksibilitasnya. Dari uraian tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Positif Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”? Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Pengaruh Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kuantitatif, eksperimen melalui pretest-postest dan angket serta penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu hasil analisis data yaitu, hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana digunakan untuk menguji apakah terdapat pengaruh hasil belajar sebelum dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran dapat diketahui bahwa nilai pretest posttest kemampuan pemahaman memiliki nilai Sig.(2-tailed) diatas 0,05 yaitu 0,016 dimana terdapat Pengaruh Positif Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019 Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Asymp.Sig. (2- tailed) yang diperoleh  0,05 sehingga H0 ditolak maka H1 diterima. Kata Kunci : Hasil pemahaman siswa, Pembelajaran VCT, Pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:32
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57861

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir