PENGARUH VERTICAL GARDEN TERHADAP KELEMBABAN UDARA (Aplikasi Penelitian Sebagai Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pemanasan Global Pada Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung)

SITI NURJANNAH, 1413024071 (2019) PENGARUH VERTICAL GARDEN TERHADAP KELEMBABAN UDARA (Aplikasi Penelitian Sebagai Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pemanasan Global Pada Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2563Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2348Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan vertical garden terhadap kelembaban udara ruang kelas dan mengetahui karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMP kelas VII materi pemanasan global yang diaplikasikan mengunakan vertical garden. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Bandar Lampung pada bulan Agustus-September 2018. Alat dan Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tanaman singonium (Syngonium podophyllum), tanaman miana merah (Coleus atropurpureus), dan tanaman paku pedang (Nephrolepis exaltata); tanah dan pupuk; digital thermo-hygrometer; serta vertical garden. Objek pengukuran pada penelitian ini adalah dinding ruangan laboratorium komputer sisi barat. Vertical garden dipasang pada tanggal 1 Agustus 2018. Rangka vertical garden yang digunakan berukuran 2x2 meter. Pengukuran kelembaban udara dilakukan pada tanggal 24-26 Agustus 2018. Pengukuran dilakukan selama tiga belas jam terhitung dari pukul 06.00-18.00 WIB dengan interval pengambilan data setiap satu jam sekali. Lama waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pengambilan data adalah ±10 menit. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data pengukuran kelembaban udara pada ruang bervertical garden dan ruang non vertical garden. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji independent samplel t-test pada taraf nyata 5%. Uji prasyarat berupa uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan vertical garden terhadap kelembaban udara ruang kelas dengan angka signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan untuk karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh validator dosen diperoleh rata-rata skor keidealan dari keseluruhan aspek yaitu sebesar 85.45% dengan kategori sangat baik dan validator guru diperoleh rata-rata skor keidealan dari keseluruhan aspek yaitu sebesar 95.8% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: kelembaban udara, Lembar Kerja Peserta Didik, vertical garden.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:24
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir