PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)

TIA PARAMITHA, 1513024014 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2152Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2396Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2397Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok “Perubahan Lingkungan”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Natar dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretes-postes kelompok non-ekuvalen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains sebanyak sepuluh soal uraian yang mengikuti konstruksi pola pada soal Programme for International Assessment (PISA) dengan materi pokok perubahan lingkungan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok perubahan lingkungan. Kata kunci: kemampuan literasi sains, perubahan lingkungan, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:31
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57900

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir