PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTU JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNAL) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH

WAHYU ENGGAL SAPUTRI, 1513024018 (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTU JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNAL) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1958Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1727Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing berbantu jurnal belajar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok “Ekosistem”. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, lembar observasi aktivitas dan lembar jurnal belajar peserta didik. non equivalent pretest-posttest control group design. Hasil aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif, sedangkan nilai pretes-postes dan n-Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbantu jurnal belajar terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke iii pertemuan kedua. Hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model inkuiri terbimbing berbantu jurnal belajar berpengaruh signifikan pada kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantu jurnal belajar berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadao hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok “Ekosistem”. Kata kunci: aktivitas peserta didik, ekosistem, hasil belajar, inkuiri terbimbing, jurnal belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 05 Apr 2022 17:00
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 17:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57936

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir